5 Manfaat Buah Talas Yang Belum Diketahui Banyak Orang, Padahal Bagus Untuk Kesehatan

Umbi talas atau dalam bahasa ilmiahnya Colocasia esculenta merupakan tumbuhan penghasil umbi-umbian yang cukup penting. Umbi Talas diduga berasal asli dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan. Kandungan beberapa vitamin dan mineral penting Buah Talas, membuatnya layak dijadikan sebagai sumber bahan makanan pengganti nasi.

Selain itu buah Talas juga memiliki kandungan nutrisi penting lain sehingga membuatnya kaya akan manfaat. Tak hanya umbinya, Ternyata daun umbi Talas yang biasa disebut dengan lompong juga mempunyai manfaat dan sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak jaman keraton. Selain di gunakan sebagai obat daun talas juga bisa diolah menjadi sayur ataupun lauk makanan. Pada sebagian orang yang belum tau manfaat buah ini hanya dipandang sebelah. Mereka belum mengetahui padahal kandungan gizi pada umbi ini sangat banyak dan dibutuhkan tubuh.

Berikut ini 5 Manfaat buah Talas untuk kesehatan tubuh Manusia…

1. Manfaat Buah Talas bagi kesehatan tubuh manusia yang pertama adalah Baik Untuk Penglihatan.
Salah satu khasiat talas yang unik adalah baik untuk penglihatan. Karena didalamnya terkandung berbagai macam zat betakaroten dan cryptoxanthin, kedua zat tersebut adalah antioksidan yang kuat. Antioksidan bisa membantu memperbaiki penglihatan dengan cara  melawan radikal bebas yang bisa memicu degenerasi makula dan katarak.

2. Manfaat Buah Talas bagi kesehatan tubuh manusia yang kedua adalah Melawan Kanker.
Ubi talas mempunyai sifat antioksidan yang berasal dari betakaroten, vitamin C, dan beberapa zat fenolik lainnya. Antioksidan inilah yang nantinya akan menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. tak hanya itu saja, zat lain yang tersimpan di dalamnya adalah cryptoanthin, cryptoanthin merupakan zat yang bisa melawan kanker paru-paru dan kanker mulut.

3. Manfaat Buah Talas bagi kesehatan tubuh manusia yang ketiga adalah Mencegah Diabetes.
Serat yang terkandung di dalam talas sangat berguna untuk mengontrol kadar glikemik. Sehingga bisa mencegah risiko penyakit diabetes. Serat alami yang terpada pada umbi talas dapat mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu mencegah peningkatan gula darah naik, sehingga akan terhindar serangan penyakit diabetes. tak hanya itu saja, bagi penderita penyakit diabetes juga bisa mengkonsumsi umbi Talas sebagai pengganti nasi.

4. Manfaat Buah Talas bagi kesehatan tubuh manusia yang keempat adalah Sebagai Sumber Energi.
Kandungan karbohidrat kompleks pada umbi talas adalah sumber kalori yang bisa diubah menjadi energi bagi tubuh. Kalori yang terdapat dalam umbi Talas berasal dari karbohidrat kompleks yang biasa disebut sebagai amilopektin dan amilosa. Tetapi umbiini sangat rendah lemak dan protein jika dibandingkan dengan kacang-kacangan. Tingkat proteinnya sebanding dengan sumber makanan lainnya seperti ubi dan singkong yang menjadi makanan pokok pengganti nasi. Jadi, juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

5. Manfaat Buah Talas bagi kesehatan tubuh manusia yang kelima adalah Mengatur Tekanan darah tinggi dan Mencegah Penyakit Jantung.
Kandungan kalium pada ubi talas sangat tinggi. Zat tersebut akan membantu dalam mendistribusikan cairan sehat ke seluruh jaringan tubuh. sehingga tekanan yang terjadi pada pembuluh darah dapat meminimalisir sehingga jantung jadi lebih sehat. Oleh sebab itu, sering-seringlah mengonsumsi umbi ini jika tidak ingin terkena serangan jantung.

Catatan PENTING : Kamu boleh mengonsuminya dengan berbagai cara penyajian yang kamu sukai, bisa direbus, dikripik ataupun di buat perkedel. Tetapi, sebelum kamu mengolah umbi ini sebaiknya ketahui terlebih dulu cara pengolahan yang benar, seperti merebusnya hanya sebentar. Karena umbi Talas mengandung asam oksalat, sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita rematik, asam urat dan gangguan ginjal serta jangan berlebihan mengkonsumsinya.

Itulah 5 manfaat yang bisa kita dapat dari umbi talas untuk kesehatan tubuh manusia. apabila bila artikel dapat membantu kamu jangan lupa berbagi yah supaya orang yang ada di sekeliling kamu bisa merasakan manfaat buah Talas untuk kesehatan tubuhnya.

0 Response to "5 Manfaat Buah Talas Yang Belum Diketahui Banyak Orang, Padahal Bagus Untuk Kesehatan"

Post a Comment