5 Manfaat Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari - hari

Siapa yang tidak kenal dengan buah kelapa? Pohon yang menjulang tinggi hampir di seluruh pesisir pantai di Indonesia dan juga memiliki buah yang besar-besar ini merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimanfaatkan. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis yang cenderung lebih panas. Pohon kelapa atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama coconut ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita.
Baca juga : 
1. 5 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan
2. 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kecantikan
3. Memanfaat Limbah Sabut Kelapa Menjadi Duit

Meskipun merupakan salah satu jenis limbah, nyatanya sabut kelapa banyak manfaatnya untuk manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini manfaat sabut kelapa untuk keperluan manusia sehari-hari khususnya buat mereka yang tinggal dipedalaman atau kampung - kampung :



1. Sabut Kelapa Sebagai Media Pembakaran
Bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa, pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa sebagai salah satu media untuk membakar batok kelapa tersebut. sobat juga dapat melihat kegiatan pemanfaatan sabut kelapa sebagai alat pembakaran ini pada restoran restoran padang sebagai pengganti kertas. Hal ini disebabkan oleh sifat alami dari sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

2. Sabut Kelapa Sebagai Penetralisir Air dan Bau Semen Pada Kolam Ikan Yang Baru Selasai Dibuat
Bagi para pengusaha ikan, baik itu ikan hias maupun ikan ternak yang ditempatkan pada kolam-kolam semen, pastinya sabut kelapa sudah tidak asing lagi di telinga sobat. Ya, sabut kelapa sering dimanfaatkan untuk menetralisir kandungan air yang ada pada kolam yang baru selesai dibuat, dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam tersebut. Mengapa? Karena ikan yang langsung dimasukkan ke dalam kolam yang baru dibuat kemungkinan akan mati. Hal ini dikarenakan ikan tidak tahan dengan campuran air dan juga bau semen yang baru.

3. Sabut Kelapa Sebagai Pembuatan Briket Lingkungan
Ternyata, sabut kelapa juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk pembuatan briket. Selama ini, yang kita kenal, briket hanyalah terbuat dari batubara, namun demikian, ternyata briket juga dapat diolah da dibuat dari limbah, salah satunya adalah sabut kelapa. Hal ini tentu saja merupakan suatu penemuan yang menarik, karena selain ramah lingkungan, biaya produksi dari pembuatan briket pun akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan batbara.

4. Sabut Kelapa Sebagai Pembuatan coco net
Coco net merupakan salah satu bentuk olahan dari manfaat sabut kelapa yang berbentuk seperti jaring-jaring. Coco net ini biasanya dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya longsor pada daerah yang memiliki undakan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana longsor pada suatu daerah.

5. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Baki Spring Bed dan Juga Jok
Bagi sobat yang mungkin belum tahu, beberapa jenis jok dan juga spring bed alias tempat tidur dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang diolah dari sabut kelapa. Ya, sabut kelapa terlebiih dahulu diolah menjadi coco fiber yang berupa serat-serat sabut kelapa. Kemudian menjadi satu dengan bentuk lembaran, untuk kemudian disupplai ke pabrik jok mobil ataupun pabrik spring bed untuk kemudian dijual ke pasaran.

Demikianlah cara memanfaatkan limbah sabut kelapa dalam kehidupan sehari - hari manusia

0 Response to "5 Manfaat Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari - hari"

Post a Comment