5 Manfaat Yang Tersimpan Pada Buni Yang Kecil Namun Khasiatnya besar untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu buah Buni ini? Buah yang biasanya dijadikan campuran rujak uleg memiliki rasa yang manis, asam segar dan cenderung sepat, warna buahnya yang merah dan ungu ini sangat cocok dijadikan pelengkap rujak. Buah buni memiliki nama latin Antidema thwaitesianum. Jika dilihat sekilas buah ini mirip dengan buah anggur, bentuknya bulat, kecil dan bergerombol. Bisa dikonsumsi langsung atau dibuat selai. Bisa juga dijadikan lalapan bagi kamu pecinta lalap buah buni muda. Bagian yang bisa digunakan adalah daun, ranting, dan buahnya.


Pohon buah nuni memiliki tinggi 15-30 m. Pohon dengan berbatang sedang inipun tersebar luas di Asia Tenggara dan juga di Australia. Di Jawa pohon ini tumbuh liar di hutan atau dapat ditanam di halaman dan dapat ditemukan dari dataran rendah hingga 1.400m dpi. Ciri-ciri yang terdapat pada buah buni ialah Daun tunggal, kemudian mempunyai tangkai yg pendek, bentuknya bulat telur sungsang hingga lanset, panjangnya sekitar 9cm sampai 25 cm, tepi rata dan agak bergelombang, ujung meruncing dan pangkal tumpul. Daun muda warnanya hijau muda dan setelah tua menjadi hijau tua. Buni ini berumah dua, bunga dalam tandan, keluar dari ketiak daun atau ujung percangan. Buahnya kecil-kecil panjang sekitar 1 cm, bentuknya elips berwarna hijau, bila dimasak menjadi ungu kehitaman dan rasanya manis sedikit asam.

Buah buni ini mempunyai ukuran yang sangat kecil. Namun terdapat khasiat yang banyak di dalamnya. Penasaran dengan manfaat buah buni yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh??

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat buni, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan kamu. Berikut ini informasinya.

1. Manfaat pertama buah Buni yang baik untuk Kesehatan adalah Melancarkan pencernaan.
Kandungan serat yang ada pada buah ini cukup tinggi. Manfaat buni yang satu ini tentunya berguna untuk kamu yang memiliki masalah pada pencernaan, seperti buang air tidak lancar atau kesulitan dalam mengolah makanan.

2. Manfaat kedua buah Buni yang baik untuk Kesehatan adalah Mengatasi kolesterol.
Buah buni bisa mengatasi kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh. Buah ini sudah terbukti dapat membuang kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa membuat kamu mengidap penyakit kronis seperti jantung. Selain itu, peredaran darah kamu juga akan lebih lancar tanpa ada penyumbatan saluran peredaran darah tanpa kolesterol.

3. Manfaat ketiga buah Buni yang baik untuk Kesehatan adalah Meningkatkan daya tahan tubuh.
Kandungan vitamin C pada buah buni akan menjaga kamu dari serangan penyakit. Khasiat buni yang satu ini akan lebih meningkatkan daya tahan tubuh kamu, sehingga tidak mudah terinfeksi bakteri maupun virus penyebab penyakit.

4. Manfaat keempat buah Buni yang baik untuk Kesehatan adalah Menyehatkan mata.
Manfaat buni untuk mata sudah jelas didominasi oleh kandungan vitamin A yang baik untuk mata kamu. Buah ini bisa kamu jadikan buah utama dalam menyehatkan mata, terutama bagi kamu yang tidak terlalu menyukai wortel atau sayuran.

5. Manfaat kelima buah Buni yang baik untuk Kesehatan adalah Penambah darah.
Untuk menambah darah, terutama sel darah merah dalam tubuh, kamu perlu asupan zat besi. Manfaat pada buni untuk penambah darah ialah kelebihannya lain yang dimilikinya, karena kandungan zat besi yang terdapat pada buah Buni cukup tinggi.

Itulah 5 manfaat yang bisa kita dapat dari buah Buni yang sangat baik untuk kesehatan manusia dan tak perlu diragukan lagi manfaatnya. apabila bila artikel ini dapat membantu kamu jangan lupa berbagi yah supaya orang yang ada di sekeliling kamu bisa merasakan manfaat buah Buni untuk kesehatan dirinya.

0 Response to "5 Manfaat Yang Tersimpan Pada Buni Yang Kecil Namun Khasiatnya besar untuk Kesehatan "

Post a Comment