Simak 4 Manfaat Yang Diberikan Buah Tomat Untuk Kesehatan Kamu

Buah Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh manusia. Rasanya yang asam seringkali digunakan untuk menambah kelezatan pada banyak jenis masakan.


Sebenarnya buah tomat memiliki banyak sekali manfaat besar untuk tubuh. Berikut 4 Manfaat Buah Tomat Yang Baik untuk kesehatan Tubuh Manusia.

1. Manfaat pertama buah tomat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia adalah Membantu tulang tetap kuat.
kalsium dan Vitamin K yang terdapat pada buah tomat sangat bermanfaat untuk memperkuat dan memperbaiki massa tulang manusia, sehingga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Vitamin K yang terdapat pada buah tomat dapat mencegah mengeroposnya tulang - tulang. Menurut website Saveourbones.com, kandungan lycopene yang terdapat pada buah tomat melindungi dan merangsang osteoblas, yang merupakan sel pembentuk tulang. Menurut para peneliti, penyerapan lycopene yang sangat optimal ialah ketika tomat yang dimasak menggunakan minyak zaitun. Fielding JM et al., saat tahun 2005 di acara Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menyatakan adanya peningkatan konsentrasi lycopene plasma setelah konsumsi tomat yang dimasak dengan minyak zaitun. Saat tomat dimasak, lycopene yang terdapat didalam buah tomat mentah diubah menjadi trans-likopen, yang lebih mudah diserap oleh tubuh kamu.

2. Manfaat kedua buah tomat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia adalah Melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan.
Buah tomat juga kaya akan serat. Dimana serat ini sangat diperlukan oleh tubuh kamu, utamanya organ pencernaan. Serat sangat berguna agar sistem pencernaan tetap sehat dan lancar.
Mengkonsumsi tomat secara teratur mampu melancarkan pencernaan. contohnya seperti sembelit atau susah BAB (buang air besar).
Dengan hanya konsumsi  buah tomat setiap harinya, maka diharapkan masalah pencernaan yang dialami akan dapat teratasi.

3. Manfaat ketiga buah tomat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia adalah Meningkatkan daya penglihatan

Buah tomat mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, membuat penglihatan menjadi tajam, dan mencegah terjadinya rabun senja. Berdasarkan suatu penelitian, menemukan bahwa konsumsi tomat mengurangi resiko degenerasi makula.
Menurut situs Healthyeating.sfgate.com, beberapa faktor termasuk genetika dan pola hidup yang kurang baik dapat mempengaruhi kesehatan mata kamu. Komsumsi makanan yang sehat membantu menjaga kesehatan organ mata, tambahkan tomat guna meningkatkan asupan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

vitamin A yang terdapat pada buah tomat dapat membantu untuk menjaga retina - jaringan kaya saraf tipis yang terletak di bagian belakang mata. Dimana asupan vitamin A memiliki peran penting dalam siklus cahaya, organ retina berperan untuk mendeteksi cahaya dan mengirim informasi visual ke otak.
Kekurangan asupan vitamin A mempengaruhi mata kamu, yang bisa menyebabkan beberapa gangguan mata, hingga yang terburuk menyebabkan kebutaan.

Kandungan zeaxanthin  dan lutein pada buah tomat bekerja untuk menyaring cahaya, kemudian menghilangkan sinar cahaya biru yang merusak jaringan di mata, mencegah penyakit mata, serta yang tak kalah penting ialah menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia dan mencegah kerusakan pada retina.

sedangkan Kandungan lycopene yang ada pada buah tomat dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan radikal bebas, dimana kerusakan radikal bebas beresiko timbulnya penyakit mata.
Sebuah studi yang dipublikasikan di "Investigative Opthamology & Science Visual" pada tahun 2011, menemukan hasil studinya bahwa orang dengan tingkat lycopene yang lebih tinggi memiliki risiko yang lebih rendah mengalami degenerasi makula terkait usia.
Kandungan tembaga membantu produksi melanin, pigmen hitam yang ditemukan di mata. Kandungan vitamin C berfungsi untuk melawan katarak karena faktor usia.

4. Manfaat keempat buah tomat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia adalah Pencegah Kanker yang cukup efektif.
Buah tomat dikatakan juga pelawan kanker alami. Likopen yang terkandung di dalam tomat bermanfaat untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, prostat, serviks, faring, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium.
vitamin A dan C yang terkandung di dalam buah Tomat bisa membantu kamu untuk melawan radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam buah tomat, membantu untuk mengurangi resiko kanker.
Dengan rajin - rajinlah untuk mengkonsumsi buah tomat tiap hari.

Itulah 4 manfaat yang terdapat pada buah Tomat untuk kesehatan. Apabila artikel ini sangat berguna untuk kamu, jangan lupa di share yah agar orang yang ada dsekitar kita juga bisa merasakan nikmatnya buah jamblang ini.

0 Response to "Simak 4 Manfaat Yang Diberikan Buah Tomat Untuk Kesehatan Kamu"

Post a Comment