5 Manfaat Buah Markisa Yang Baik Untuk Kesehatan Kita

Buah markisa yang mempunyai nama latin dengan sebutan “passiflora quadrangularis L.” Ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang terdapat di buah markisa. Di Indonesia sendiri Buah Markisa mempunyai beberapa jenis yang dapat dibudidayakan yaitu markisa ungu (passiflora edulis var. Edulis), markisa konyal (passiflora lingularis), markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa), serta markisa erbis (passiflora quadrangularis).



Markisa (Passiflora edulis) yang memiliki rasa asam dan manis ini adalah buah yang telah diketahui padat gizi dan baik bagi kesehatan. Awalanya buah markisa ini Dikatakan bahwa tanaman merambat ini diketahui sebagai tumbuhan liar didaerah subtropis yaitu Amerika Selatan. Markisa dapat tumbuh dengan cepat pada tanah kering yang subur dengan kelembaban yang baik. Sekarang buah markisa sendiri sudah sangat dikenal diseluruh dunia yang umumnya dimanfaatkan sebagai minuman sari buah markisa.

Di dalam buah markisa terdiri dari kantung membran yang berwarna oranye, mempunyai banyak biji kecil, keras, dan mempunyai warna coklat gelap atau hitam. Markisa kuning pada umumnya lebih besar daripada markisanyang warna ungu, Namun buah markisa ungu tidak begitu asam dan lebih kaya aroma dan rasa nya.

Markisa kaya akan manfaat. Berikut 5 Manfaat Buah Markisa yan sangat baik untuk Kesehatan :

1. Manfaat buah Markisa untuk Kesehatan yang pertama adalah kaya akan vitamin A.
Buah markisa segar Kaya akan vitamin A Buah markisa menyediakan sekitar 1274 IU vitamin A disetiap per 100 gramnya. Antioksidan flavonoid , seperti betacryptoxanthin dan betakaroten. Menurut penelitian, senyawa ini jbersifat antioksidan, dan bersinergi dengan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata anda. Vitamin A pada buah markisa juga diperlukan oleh tubuh untuk menjaga selaput lendir dan kulit yang sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A serta flavonoid akan membantu melindungi kita dari kanker paru dan kanker rongga mulut.

2. Manfaat buah Markisa untuk Kesehatan yang kedua adalah sebagai sumber yang baik vitamin C.
Markisa sumber yang baik vitamin C 100 gram buah markisa menyediakan sekitar 30 mg vitamin C. Vitamin-C (asam askorbat) adalah vitamin larut air yang memiliki efek anti-oksidan yang kuat. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit seperti flu, serta menangkal radikal bebas berbahaya. Baca juga: Akibat jika tubuh kurang vitamin C

3. Manfaat buah Markisa untuk Kesehatan yang ketiga adalah kaya akan kalsium.
Markisa segar sangat kaya akan kalium. 100 g daging buah markisa segar menyediakan sekitar 348 mg kalium. Kalsium merupakan salah satu komponen penting dari sel dan cairan tubuh,\ dan yang turut membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.  Namun walau bagaimanapun, buah markisa segar adalah cara terbaik untuk mendapatkan seluruh nutrisi yang terdapat dalam buah 100%. Caranya cukup mudah, ambil buah yang sudah cukup tua, cuci, belah ambil bubur didalamnya, campur dengan air, aduk dan disaring. Buah markisa mudah berbuah dan cepat tumbuh lebat dengan sedikit perawatan, jika memiliki sedikit tempat yang baik untuk tumbuh kembangnya bisa menanannya sendiri.

4. Manfaat buah Markisa untuk Kesehatan yang keempat adalah sebagai sumber serat yang baik.
Buah markisa merupakan sumber serat yang sangat baik. 100 g daging buah markisa mengandung 10,4 g atau 27% serat. Serat adalah zat dalam buah yang baik untuk membantu menyingkirkan kolesterol dari dalam tubuh. Serat tidak larut bermanfaat sebagai pencahar untuk membantu melindungi selaput lendir usus, dengan jalan mengurangi waktu paparan zat-zat beracun didalam usus besar serta mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar.

5. Manfaat buah Markisa untuk Kesehatan yang terakhir adalah Mengandung folat.
Buah markisa mengandung manfaat asam folat yang baik untuk kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masih dalam kandungan.

Itulah 5 manfaat buah markisa untuk kesehatan yang belum banyak kita ketahui, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam hal mencari manfaat buah markisa.

0 Response to "5 Manfaat Buah Markisa Yang Baik Untuk Kesehatan Kita"

Post a Comment