5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh Kita Sehari-hari

Buah salak merupakan Salah satu buah yang banyak ditemui di sekitar kita. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis buah salak dengan karakteristik dan rasa yang bebeda. Buah ini sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Harga dari buah salak sendiri juga relatif murah sehingga dapat dijangkau hampir semua orang. Manfaat buah salak ini juga banyak dimanfaatkan untuk diolah menjadi olahan lainnya, seperti keripik salak.



Buah salak dalam Bahasa ilmiah adalah salacca zalacca. Buah salak ini adalah merupakan suatu jenis tanaman palma dengan bagian buahnya yang bisa dimakan. Buah yang sering kita jumpai dimana-mana ini ternyata juga mempunyai banyak kandungan gizi yang belum banyak diketahuai. Bahkan manfaat buah salak ini juga dapat untuk mengobati atau mengurangi berbagai macam penyakit.

Kandungan yang terdapat pada buah salak ini adalah menghasilkan kalori sebesar 77 kalori, mengandung protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga air. Vitamin A yang berada pada wortel dapat menyebabkan peradangan karena kandungan gulanya sangat tinggi. Oleh karena itu untuk orang yang sedang berdiet, vitamin A bisa anda dapatkan dengan sering mengkonsumsi jus salak. Penelitian yang telah dilakukan oleh pusat Litbang Gizi dan Makanan departemen kesehatan RI mengatakan bahwa kandungan betakaroten yang terdapat pada 100 gram salak 5,5 kali lebih banyak apabila dibaningkan dengan mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan jambu biji dan 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan semangka merah. Dari penelitian tersebut jelas terlihat bahwa salak mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita.

Berikut ini adalah 5 Manfaat yang bisa kita dapat dari Buah Salak untuk kesehatan :

1. Manfaat Buah Salak untuk kesehatan yang pertama adalah untuk Mengatasi Anemia.
Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

2. Manfaat Buah Salak untuk kesehatan yang kedua adalah memberikan efek kenyang yang lama.
Efek kenyang yang lama ini disebabkan karena salak mengandung banyak serat dan vitamin 2 mg sehingga membutuhkan waktu penyerapan di usus yang lebih lama.

3. Manfaat Buah Salak untuk kesehatan yang ketiga adalah mengobati diare.
Masalah yang terjadi di sekitar perut, seperti diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi salak sebanyak 20 gram.

4. Manfaat Buah Salak untuk kesehatan yang keempat adalah meningkatkan kinerja otak.
Salak mengandung potassium dan pektin yang penting untuk otak. Pottasium berfungsi untuk digunakan oleh sistem saraf otonom yang bekerja menegndalikan detak jantung, mengatur kecerdasan seseorang dan proses-proses fisiologis lainnya. Sedangkan pektin berfungsi untuk menghambar dari reproduksi sel-sel kanker dan menurunkan terjadinya apoptosis serta mengobati kanker prostat.

5. Manfaat Buah Salak untuk kesehatan yang pertama adalah memelihara kesehatan mata.
Buah salak dapat memelihara fungsi mata karena mengandung betakaroten yang tinggi.

itulah 5 manfaat yang bisa kita dapat dari buah salak untuk kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat buat anda

0 Response to "5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh Kita Sehari-hari"

Post a Comment