Berikut ini 5 Manfaat Yang Bisa Kita Dapat Dari Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Buah kedondong yang mempunyai nama latin Spondias Dulcis Forst. Buah ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah ini tergolong buah yang lebih banyak tumbuh di hutan tropis terutama Indonesia. Bentuknya yang lonjong dan kulit buahnya bewarna hijau. Ciri - ciri pohonya yang besar dan lurus ke atas. Tingginya dapat mencapai 20 meter. Biasanya, pohon kedondong biasanya berbunga sekitar bulan Juni sampai Agustus dan masa pamen sekitar bulan Januari sampai April. Pohon kedondong baru mulai berbuah setelah berumus 3 tahun.




Dalam setiap 100 gram buah kedondong, terkandung 60-85 gram air; sedangkan serat 0,85-3,6 ; sedangkan sukros 8-10 gram ; serta yang terakhir protein 0,3-1,8 gram . Selain itu, buah kedondong juga mengandung kalsium 540 mg, fosfor 82 mg, serta zat besi 6,2 mg. Dalam buah kedondong Kandungan vitamin  sangat bervariasi mulai dari vitamin A sebesar 2900 IU, vitamin C sebesar 29 mg dan sedikit vitamin B 1. Pada buah yang belum matang, kedondong mengandung 10% pectin, sejenis rasa asam yang bisa membunuh bahteri jahat. Buah ini memiliki kandungan lemak yang relatif rendah sehingga tidak menimbulkan penyakit kolesterol di dalam tubuh anda.  Tak hanya itu, kadar seratnya yang tinggi pada buah kedondong dapat melancarkan pencernaan. Para dokter biasanya menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini 50-75 gram per porsi.


Seperti telah disinggung sebelumnya, buah kedondong memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia. Di antara sekian banyak khasiat tersebut seperti yang diuraikan pada tulisan di bawah ini.

Berikut 5 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan :

1. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang pertama adalah Obat anemia.
Zat besi di dalam buah kedondong sangat bagus untuk meningkatkan produktivitas sel darah merah yang ada di dalam sum-sum tulang belakang. Perlu diketahui bahwa dalam 100 gram buah kedondong terdapat 30 miligram kandungan zat besi. kemudian, kandungan vitamin B1 yang terdapat di dalam buah kedondong juga bisa memperlancar peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan peredaran darah yang lancar maka anemia akan hilang dengan sendirinya.

2. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang kedua adalah mengobati luka bakar.
Luka bakar dapat disembuhkan dengan buah kedondong. Getah yang terdapat kulit buah kedondong bisa menutupi luka lebih cepat. tak cuma itu, vitamin A dan C yang terdapat pada buah kedondong dapat mempercepat regenerasi sel kulit. Anda cukup mengkonsumsi

3. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang ketiga adalah membantu memulihkan tubuh setelah sakit berat.
Pemulihan tubuh setelah sakit dapat dipercepat dengan mengkonsumsi buah kedondong secara rutin. Dengan catatan, buah kedondong ini tidak boleh memakannya sebelum anda makan nasi. Serta kandungan vitamin C pada buah kedondong dapat membantu hati dalam membunuh kuman dan mempersiapkan sel darah merah baru pengganti sel darah yang sebelumnya telah rusak. tak hanya itu, vitamin C pada buah kedondong dapat memperbanyak kadar leukosit di dalam tubuh. Leukosit ini berguna untuk membunuh sisa-sisa bahteri dan parasit setelah sakit.

4. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang keempat adalah menyembuhkan penyakit diare.
Diare terjadi karena banyak faktor-faktor yang terjadi. Tapi faktor yang sangat dominan atau sering terjadi biasanya berasal dari makanan. Buah kedondong sendiri bisa menyembuhkan diare dalam waktu cepat. Caranya,ambil kulit batang kedodong sebanyak 20 gram, kemudian di potong kecil - kecil saja dan rebus hingga air mendidih. setelah air mendidih saring air rebusan tersebut lalu diminum secara teratur setiap sore hingga diare berhanti.

5. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang kelima adalah mengobati peradangan.
Antioksidan di dalam buah kedondong mampu melindungi tubuh dari segala bentuk peradangan khususnya peradangan pada kulit dan mata. vitamin C yang terdapat di dalam buah kedondong bisa menangkal radikal bebas. Masyarakat yang tinggal di daerah/kawasan industri sangat dianjurkan mengkonsumsi 1-3 buah kedondong setiap minggunya. Hal ini berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas seperti zat kimia dan polusi udara.


Itulah 5 Manfaat Buah Kedondong yang bisa kita dapat untuk kesehatan, semoga bermonfaat buat anda yang membacanya.

0 Response to "Berikut ini 5 Manfaat Yang Bisa Kita Dapat Dari Buah Kedondong Untuk Kesehatan"

Post a Comment